Honda Jateng Logo

Shock Tabung ADV 150 Tingkatkan Aman Berkendara

2021-08-28/atc_1630127367_937.JPG

Semarang, 28 Mei 2021 - Disaat menjelajah seringkali sebagai pengendara tidak memiliki pilihan medan yang akan dilalui. Dibutuhkan motor yang memiliki kemampuan yang didesain sebagai dual purpose. Honda ADV 150 memiliki kemampuan melalui medan onroad dan offroad ringan. Selain didukung ban yang profilnya lebih kasar dan ban depan lebih tebal dibanding saudaranya PCX 160, juga menggunakan suspensi belakang kanan kiri model tangki tambahan diatas dengan merk SHOWA. 

 

Suspensi belakang yang menggunakan peredam kejut dengan tangki tambahan (Sub Tank) atau lebih dikenal shock tabung, lebih mampu membantu menjaga kestabilan kemampuan peredaman melintasi medan yang rusak. Kondisi permukaan lintasan yang tidak rata akan membuat frekuensi ayunan karena guncangan atau oskilasi makin sering terjadi, sehingga kondisi ini memaksa poros shock sering bergerak naik turun dengan frekuensi yang tinggi. Maka dibutuhkan kinerja shock yang mampu menjaga performa kompresi dan rebound yang konstan. 

 

Kontruksi tangki tambahan memiliki saluran yang terhubung dengan tabung shock, didalamnya memiliki dua ruangan yang terpisah oleh membran yaitu ruang oli dan ruang udara. Oli selain sebagai pelumas juga bertugas menjaga suhu poros shock agar mampu bekerja lebih lancar, juga bekerja sama dengan catridge yang terdapat orifice/katup untuk mengatur rebound (perlambatan poros shock untuk kembali ketitik awal). Sedang ruang udara akan membantu untuk meredam terjadinya kompresi (saat poros mengalami kejutan karena tekanan).Tugas Membran mencegah terjadinya gelembung bahkan buih udara dalam tabung yang bisa menurunkan kemampuan shock terutama saat mengalir di orifice/katup dikarenakan gangguan kecepatan aliran akibat kekentalan oli berubah dampak dari muncul buih udara. Kinerja shock ini juga terbantu adanya tambahan volume oli didalam shock yang ditampung di tangki tambahan tersebut sehingga mampu bekerja dengan lebih banyak pelumas serta menjaga suhu poros shock optimal dalam bekerja. 

 

Oke Desiyanto, Instruktur Safety Riding Astra Motor Jawa Tengah mengatakan Honda memperkenalkan jenis shock tabung Honda ADV 150 dengan tangki tambahan dengan nama Sub Tank Rear Twin Supension. Suspensi belakang dilengkapi dengan tangki tambahan untuk performa dan rebound suspensi lebih nyaman saat bermanuver atau melewati jalan jelek. Keuntungannya pengendara saat berada diatas jok motor Honda ADV 150 akan lebih minim guncangan yang mengganggu saat mengendalikan motor dan makin stabil, ditambah dengan ban depan yang lebih tebal serta model stang Tapered Handle Bar menjadikan lebih ringan dalam menahan dan berbelok medan offroad ringan. ”Aman saat dikendarai, Nyaman dalam perjalanan, menyenangkan berpergian dengan Honda ADV 150 untuk menjelajah. Fitur Motornya Cari Aman, tentunya pengendara juga Cari Aman agar semua itu terwujud”, tutup Oke.